Manfaat Dan Khasiat Brotowali Dari Akar Sampai Daun

Brotowali atau bisa juga disebut bratawali, dikenal dengan rasa pahitnya. Namun jangan salah, karena pahitnya itu pun banyak orang yang mengkonsumsi nya. Aneh bukan? Namun itulah kenyataannya, dengan rasa yang super pahit, tapi Brotowali super juga dengan manfaatnya, terlebih untuk kesehatan. Dari karakteristik tanaman Brotowali ini, adalah tumbuhan yang merambat namun mempunyai jumlah batang yang cukup lebat, tidak hanya daunnya saja. Bahkan ada beberapa yang tumbuh dengan batang lebih banyak, dan daunnya hanya sedikit, seperti tumbuhan batang saja.
Manfaat Dan Khasiat Brotowali Dari Akar Sampai Daun
Manfaat Dan Khasiat Brotowali Dari Akar Sampai Daun
Tanaman hijau yang tumbuh merambat ini, banyak di konsumsi juga sebagai jamu. Hingga banyak penjual jamu yang menyajikannya. Dengan demikian, anda bisa mudah menemukannya untuk di konsumsi sesuai kebutuhan masing-masing. Kandungan yang ada pada tanaman Brotowali adalah barberin, palmatin, alkaloid, pikroretin, glikosida, palmatin dan harsa. Dimana tiap-tiap zat mempunyai manfaat masing-masing. Yang mana di setiap bagian pada tanaman Brotowali terdapat kandungan yang berbeda.

Manfaat Brotowali Sebagai Tanaman Obat
Manfaat Brotowali juga sebagai tanaman obat tradisional dapat dirasakan dari ujung akar sampai ujung daun, terutama pada bagian batang, diantaranya :

Manfaat Akar Brotowali
Akar pada Brotowali terdapat zat yang bernama pikroretin, zat pahit yang terdapat pada batang juga. Zat ini berperan sebagai perangsang kinerja urat saraf pada saluran pernafasan. Yang terjadi ialah keadaan suhu tubuh yang panas akan menurun seiring berjalanan pertukaran kinerja zat di dalam tubuh, sehingga pernafasan berjalan lancar.

Manfaat Batang Brotowali
Batang tanaman Brotowali ini di rebus, selanjutnya bisa dioleskan saja ataupun diminum, sesuai kebutuhan yang akan dicapai, di mana Brotowali bekerja sebagai :
• Di minum sebagai obat alami untuk penambah nafsu makan, bisa juga di campur dengan daun Brotowali.
• Di minum sebagai obat Hepatitis, dari batang dan daunnya yang diolah bersama.
• Di minum untuk mencegah terjadinya hepatitis dan kanker hati, karena terdapatnya senyawa terpan, flavanoid, alkaloid, steroid yang berperan sebagai hepatoprotektor atau bisa disebut dengan pelindung hati.
• Dari batang dan daunnya, di campur dengan madu, diminum sebagai obat malaria.
• Rebusan batang Brotowali bisa di sajikan juga sebagai obat gatal-gatal yang menyerang tubuh. Cukup hanya mengoleskan di bagian yang gatal.
• Kulit batang Brotowali memiliki kandungan alkaloid yang berfungsi sebagai pelumpuh bakteri pada luka, dengan cara dioleskan di bagian yang terluka. Jika bakteri dapat dilumpuhkan, maka infeksi pada luka dapat terhindari.
• Tidak hanya untuk luka saja, air rebusan pada batang Brotowali berguna untuk menghapus warna kusam di wajah sekaligus mencerahkan wajah, penggunaannya seperti untuk cuci muka atau dapat pula untuk masker muka.

Manfaat Daun Brotowali
Daun Brotowali berguna juga untuk membersihkan luka di bagian luar, bila tidak ada obat kimia untuk pembersih luka, cukup hanya rebusan dari daun Brotowali saja. Tidak hanya itu saja, daun Brotowali yang sudah di rebus, bisa diminum sebagai obat pencahar untuk memperlancar buang air besar.

Tanaman Brotowali adalah tanaman yang tumbuh alami sebagai obat tradisional yang sudah dilakukan oleh nenek zaman dulu. Bahkan juga sampai kini pun, ada banyak yang mengkonsumsi Brotowali untuk menjaga kesehatan serta menyembuhkan sakit. Sekali pun rasanya yang pahit, tidak menjadikan konsumen Brotowali menurun. Sehingga kita dapat menggunakan tanaman Brotowali dengan banyak manfaat yang di dapatkan.

Di Indonesia, hampir di semua pulau tanaman Brotowali dapat tumbuh, di mana setiap daerah mempunyai cara yang tidak sama dalam pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari. Bukan sekedar di Indonesia saja, diluar negeri, manfaat Brotowali juga terkenal mujarab, seperti negara China serta Filipina. Tanaman pahit dengan beragam manfaat yang tersembunyi di dalamnya. Siapa yang menduga, bahwa dibalik rasa pahitnya Brotowali tersimpan khasiat yang mujarab. Jika dalam pengkonsumsiannya anda tidak terlalu suka, dapat di tambahkan madu, supaya rasa pahitnya bisa di imbangi. Seperti para penjual jamu yang menghidangkan Brotowali dengan imbangan jamu manis yang lain, supaya rasa pahitnya cepat hilang.

Tanaman Brotowali ini sendiri dapat tumbuh merambat di berbagai tempat, seandainya pula untuk koleksi tanaman hias di rumah, yang dapat anda pakai setiap saat, selain itu tanaman ini bisa tumbuh sendiri tanpa ada mengganggu tanaman yang lain. Biasanya tumbuh merambat di pagar kayu ataupun di pinggiran jalan. Yang kadang-kadang tidak diperdulikan khasiatnya. Mungkin rasanya yang super pahit, sehingga tidak dikonsumsi dalam sajian sayur, cukup hanya sajian jamu, yang biasanya di minum pada saat pagi dan sore hari.

Tanaman merambat ini, dapat berguna serta diterapkan di semua umur, terlebih lagi para orangtua, yang gemar mengkonsumsi nya. Mereka mengaku rasanya pahit, namun juga khasiatnya tidak kalah mujarab. Manfaat yang bisa di dapatkan pada tanaman Brotowali sangat berguna untuk kita, buat anda para remaja, dapat juga memanfaatkannya, di minum maupun sekedar untuk kulit muka, untuk menghilangkan noda-noda kusam yang membandel di wajah. Anda bisa menantikan manfaat cantik dibalik rasanya yang pahit.

Brotowali ini dapat juga diminum ataupun sekedar dioleskan pada kulit saja. Untuk cara meminumnya juga beragam, seperti di seduh sendiri ataupun membeli di pedagang jamu. Bahkan saat ini juga berkembang menjadi obat yang di bungkus, seperti kapsul, yang terbuat dari Brotowali. Di mana dengan penyajiannya bisa menjadikan pilihan anda untuk mengkonsumsi nya untuk manfaat yang di butuhkan oleh tubuh. Tentu, dengan pemakaian yang secukupnya serta teratur. Di mana setiap penyajiannya terdapat aturan yang perlu dipenuhi. Sehingga Brotowali bisa memberi manfaat untuk tubuh anda.

Comments

  1. Watch Citizen titanium watch | iTanium Arte | iTanium
    Watch Citizen Titanium watch titanium alloy nier at iTanium Arte. This titanium sponge is an original Watchwatch columbia titanium designed to imitate the classic T-shaped watch made of premium Stainless is titanium expensive steel. smith titanium

    ReplyDelete

Post a Comment