Manfaat Dan Khasiat Tanaman Saga(Abrus precatorius Linn)

1. Nama tanaman
Nama lokal: saga
Nama herba: Abri Folium

2. Klasifikasi Tanaman
Divisi : Spermatophyta
Sub divisi : Angiosperrnae
Kelas : Dicotyledonae
Bangsa : Resales
Suku : Leguminosae
Marga : Abrus
Jenis : Abrus precatorius Linn
(Inventaris Tanaman Obat Indonesia, 1994).

3. Morfologi Tanaman

Daunnya majemuk, berbentuk bulat telur serta berukuran kecil-kecil. Daun Saga bersirip ganjil dan memiliki rasa agak manis. Saga mempunyai buah polong berisi biji-biji yang berwarna merah dengan titik hitam mengkilat dan licin. Bunganya berwarna ungu muda dengan bentuk menyerupai kupu-kupu, dalam tandan bunga.
Tanaman Saga(Abrus precatorius Linn)
Tanaman Saga(Abrus precatorius Linn)
Manfaat Daun Saga Bagi Kesehatan. Siapa sangka daun saga yang pada umumnya memiliki ciri khas berdaun majemuk ini memiliki beberapa khasiat bagi kesehatan yang cukup diandalkan. Bagi yang pernah mencicipi daun saga alias memakan langsung pasti akan merasakan rasa yang manis. Namun banyak yang belum tau jika daun ini memiliki manfaat dan kandungan yang besar bagi tubuh kita.

Tak hanya daun saga saja yang dapat berkhasiat namun konon akar dari pohon saga ini juga memiliki khasiat tersendiri, Hal ini mengundang sejumlah ilmuwan untuk meneliti mengenai kandungan dari daun dan akar dari pohon saga, dan terbukti jika memang keduanya memiliki kandungan senyawa yang berguna bagi kesehatan. Daun maupun akar tumbuhan Abrus Pracatorius nama latin dari pohon saga antara lain mengandung protein, vitamin A, B1, B6, C, kalsium oksalat, glisirizin, flisirizinat, polygalacturomic acid dan pentosan.

Dari kandungan tersebut sudah jelas memang jika daun dan akar saga memiliki khasiat tersendiri untuk mengobati beberapa jenis penyakit. Berikut beberapa manfaat daun saga bagi kesehatan beserta cara pengolahannya :
Mengobati Amandel
Akar saga direbus bersama dengan kayu manis dan gula batu dengan campuran air sebanyak 5 gelas, tunggu hingaa mendidih dan tinggal setengahnya lalu disaring dan diminum 2 kali sehari 1 gelas pagi dan sore.

Mengobati Radang Mata
Satu genggam daun saga digiling halus kemudian direbus dengan 2 gelas air dan diambil uapnya lalu dipakai untuk obat tetes mata.

Mengobati Sariawan
Ambil daun saga, jemur beberapa menit lalu dikunya sampai halus dan kumur-kumur.

Mengobati jantung berdebar dan keringat dingin
Caranya, ambil 8 gram daun saga manis dan 10 gram daun sembung. Tambahkan 5 gram kencur lalu rebus dengan 400 ml air. Minum ramuannya.

Mengobati tekanan darah tinggi
Caranya, ambil daun saga manis, daun kaki kuda, daun selamagi, buah waluh putih, dan daun kejibaling. Rebus dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Saring lalu minum airnya.

Mengobati batuk kering
Caranya, ambil daun saga manis, buah pace yang mateng, dan daun po’o. Tumbuk halus lalu rebus dengan 4 gelas air. Saring dan minum airnya

Comments