Manfaat dan Kasiat Sidaguri (Sida Rhombifolia L.)

NAMA-NAMA LAIN TANAMAN SIDAGURI

Nama Latin Sidaguri : Sida Rhombifolia L.

Sinonim : S. alnifolia Lour., S. phillippica DC., S. retusa L., S. semicrenata Link., S. spinosa L.

Indonesia: guri, saliguri (Minangkabau); sidaguri (Melayu); sidaguri, otok-otok (Jawa Tengah); sidagori, sadagori (Sunda); taghuri (Madura); kahindu (Sumba); selegui (Bali Aga); dikira; hutu gamo (Halmahera); digo (Ternate); bitumu, dan sosapu.

Inggris: Cuban jute

Pilipina: Escobilla
A. CIRI-CIRI SIDAGURI
BATANG
Perdu tegak dengan tinggi 2 m, bercabang, dan ditumbuhi banyak bulu-bulu yang rapat, Warnanyaya putih-hijau.

DAUN
Daunnya tunggal, letaknya berseling, bentuknya bulat telur, seperti jantung, atau melanset, tepinya bergerigi, ujungnya runcing/bertoreh dengan bulu yang rapat, dengan pertulangan menyirip, Bagian bawah daun berambut pendek dengan warna abu-abu, dan berukuranpanjang 1,5-4 cm, lebar 1–1,5 cm.

BUNGA
Perbungaannya termasuk tunggal, warnanya kuning cerah. Benang sari tumbuh bersamaan membentuk tabung dari dasar bunga. Mahkota bunga hijau, ujungnya melengkung. Bunga tumbuh dari ketiak daun, mekar sekitar pukul 12 siang, dan layu tiga jam kemudian.

BUAH dan BIJI
Buah sidaguri mengandung ruang/kendaga 8-10 buah, dengan diameter 6-7 mm dan sewaktu sudah tua berwarna hitam. Akarnya putih, dan kotor.

Akar
Akar dan kulit sidaguri kuat, dipakai untuk pembuatan tali.
DESKRIPSI TANAMAN SIDAGURI
Sidaguri tumbuh liar di tepi jalan, halaman berumput, hutan, ladang, dan tempat-tempat dengan sinar matahari cerah atau sedikit terlindung. Tanaman ini tersebar pada daerah tropis di seluruh dunia dari dataran rendah sampai 1.450 m dpl.
Perkembangbiakan tanaman ini bisa dilakukan dengn biji maupun dengan stek batang.
Bagian yang digunakan sebagai obat adalah akar, daun dan bunga, Sidaguri digunakan sebagai obat untuk sakit gigi, mulas, gatal, kudis, cacing kerawit dan sengatan lebah.
Tanaman ini memiliki rasa manis, pedas dan sejuk.


B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN SIDAGURI
Khasiat dan manfaat sidaguri ini didapatkan dari kandungan kimiawi di dalamnya :
Kandungan daun tanaman sidaguri
Pada bagian daun tanaman sidaguri terdapat kandungan alkaloid, kandungan kalsium oksalat, kandungan tannin, kandungan saponin, kandungan fenol, asam amino serta terdapat kandungan minyak atsiri.
Kandungan batang tanaman sidaguri
Pada bagian batang tanaman sidaguri ditemukan adanya kandungan kalsium oksalat serta terdapat kandungan tannin.
Kandungan akar tanaman sidaguri
Pada bagian akar tanaman sidaguri ditemukan adanya kandungan alkaloid, kandungan steroid serta kandungan ephedrine.

C. KHASIAT DAN MANFAAT SIDAGURI
Pada pemakaian luar, sidaguri segar dihaluskan untuk selanjutnya dioleskan pada yang sakit, Penyakit yang bisa diatasi dengan penggunaan luar adalah kudis, bisul, bengkak karena tulang patah, luka berdarah, kulit gatal, sakit gigi, dan digigit serangga.

Untuk pemakaian dalam, sidaguri direbus baik dalam keadaan segar atau kering dan dicampur dengan bahan lainnya.
Pada pemakaian dalam, tumbuhan Sidaguri dapat digunakan untuk mengobati Asam urat atau rematik, caranya adalah sebagai berikut : Siapkan satu batang tanaman sidaguri berikut denga akarnya (100 gr/tanaman). Cucilah batang dan akar tanaman sidaguri dengan hinga bersih. Kemudian rebuslah batang dan akar dengan air sebanyak kira-kira 1 liter hingga mendidih. kemudian angkat dan dinginkan ketika air rebusan tersisa menjadi setengahnya untuk selanjutnya lakukan penyaringan biar ampasnya terpisah.
Untuk menghilangkan rasa air rebusan sidaguri yang agak langu bisa juga ditambahkan gula pasir atau gula merah secukupnya sesuai selera. Minumlah secara rutin untuk mendapatkan khasiat dan manfaat tanaman sidaguri sebagai obat asam urat

Penyakit lainnya yang bisa diatasi lewat pengobatan dalam adalah gangguan pertumbuhan, radang usus disentri, radang kelenjar payudara, sakit kuning, dan cacing remi, Berikut ini adalah ramuan selengkapnya menggunakan tanaman sidaguri :
Sidaguri untuk obat Rhematik
Seluruh tumbuhan termasuk akar sebanyak 60 gr kering, digodok dan diminum.
Sidaguri untuk Mengobati Asam urat tinggi
5 batang akar, cuci, potong kecil dan rebus dengan 2 gls air sampai mendidih, tuang ke gelas berikut akar dan tutup semalaman, esoknya diminum sebelum sarapan. rebus sekali lagi untuk sorenya.
Sidaguri Atasi Cacing Kremi
Daun 1/5 genggam dicuci dan digiling halus, tambah 3/4 cangkir air matang dan sedikit garam, peras dan minum 2x sehari, ulang selama 4 hari.
Sidaguri atasi Sakit gigi
Akar sidaguridikunyah.
Sidaguri untuk atasi sengatan lebah
Lumatkan atau gosokkkan sampai lumat bunga Sidaguri pada tempat yang disengat lebah.
Sidaguri untuk sembuhkan Asma
Akar sidaguri 60 gr ditambah 30 gr gula pasir, godok dan airnya diminum.
Catatan : Bagi Wanita hamil dilarang minum ramuan sidaguri

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN SIDAGURI
Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Comments